Search This Blog

Sunday, November 30, 2008

Chicken Rice With Smoked Beef Casserole


Hepi deh!
Ceritanya kemarin sempat terbengong-bengong sebentar abis download myspace buat blackberry, ternyata ada message dari Dustin yang nanyain, bener gak kalo aku pernah exchange student di Greencamp, Marion, Ohio. Terakhir aku ketemu dia tahun 1994-1995...wuiiihhhh...udah lama buanget....dan yeah...gua udah tua banget! *sedih*

Anyway,
Si Dustin adalah anak terakhir dan satu-satunya laki-laki dari keluarga angkat (host family) ku waktu di Ohio. Mereka punya anak 4, masih kecil-kecil, yang paling tua kalo gak salah waktu itu kelas 4 atau 5 SD. Dustin sendiri, umurnya antara 5-6 tahun. Sayangnya, aku gak lama sama mereka, karena pindah ke Minnesota, paling 6 bulanan lah, tapi banyak kenangannya deh, ada yg menyenangkan, ada yang nggak...mulai dari yang gua ngantuk dan dingin setengah mati karena harus nunggu bis sekolah jam 6 pagi disaat salju berjatuhan (rumahnya jauh banget dari sekolahku), dan tiap pulang sekolah, aku harus ngatur strategi untuk lari kencang masuk rumah biar gak diuber-uber sama si Elmer, anjing mereka, yang entah kenapa tiap liat aku mau nyerbu aja. Katanya dia gak gigit sih, cuma aku jijay aja sama anjing. Pokoknya hebohlah...

Nah, tadi balasanku di balas lagi sama Dustin, katanya dia masih ingat sama aku, soalnya pernah aku bikinin kodok kertas...hehehe (itu masih jadi senjataku sampe sekarang kalo ada anak kecil yang susah dibikin diam) dan aku pun ingat dustin karena dia kalo ngomong masih cadel, sedangkan aku waktu itu bahasa Inggris-nya fresh dari Jambi, jadi sama-sama gak nyambung...*kaciaaaannn deeeehhh*

Aku akan selalu ingat mereka, soalnya mereka yang petama kali ngajarin aku tentang Amerika. Di rumahnya aku baru tau microwave pertama kali, saking noraknya, aku pernah bikin microwave-nya berasap. Abisnya, yang mestinya cuma 5 detik, aku tekan 50 menit! sukses deh gosyong. Disana juga aku baru ngerasa jadi anak paling tua, gimana ngurusin 4 orang yang kecil-kecil sama sifatnya masing-masing.

Pernah, mereka ditinggal ortu-nya berantem entah kemana (memang pasangan muda sih, kalo gak salah, ibunya aja waktu itu baru 24 tahun), aku yang baru umur 16 tahun, bingung banget karena selain gua laper, anak-anaknya juga belom pada makan. Dengan sok yakin aku mau ngerebus telur aja, eehh...airnya mendidih, aku malah panik. Gagal total pokoknya. Untunglah, mereka sepertinya sudah biasa, mereka buka sayuran kaleng, masukin ke mangkok dan di microwave aja, makannya pake garem sama merica tok, sekedar untuk menahan lapar. Aku masih ingat wajah Dustin yang ngunyah kacang panjang kalengan dengan wajah terpaksa. Duuuhh...aku ngerasa bersalah banget deh, tapi gimana lagi, walaupun aku udah 16 tahun, di Indonesia, kan banyak pembantu...kedapur aja gak pernah.


Ayam dan smoked beef nya di susun rata diatas nasi, supaya yang makan kebagian semuanya...




Setelah disusun, tuangi saus dan ditaburi parutan keju yang banyak, siap panggang...lebih enak lagi pake keju mozzarela, tapi yang ada keju kraft doang, yaa...tetap enaaak!


Aku bikin casserole ini karena ingat Dustin. Seandainya waktu itu aku bisa, pasti mereka aku buatin. Gizinya lengkap dan anak-anak pasti suka. Tapi aku puas, karena sekarang Dustin udah mau tamat SMA dan dari foto-fotonya, kayaknya dia happy dan siap kuliah... walaupun buat ku, dia masih anak kecil yang suka masuk ke kamarku cuma buat nyari permen atau coklat yang aku bawa dari sekolah.

Ini resep dasarnya dari host Dad ku yang di Minnesota yang di tulis di buku ku (doi takut kalo aku kelaparan...hahahaha). Kalo di resepnya pake soup kalengan, di sini aku bikin sendiri (basicnya sama aja sih) dan ditambah smoked beef. Bikinnya praktis dan cepat, rasanya yummy buat yang suka rasa keju. O ya, kalo ada broccoli, bisa dicampurkan saat susunya di panaskan sekalian.... potensi menggagalkan diet?? YUP!!




Chicken Rice With Smoked Beef Casserole

Bahan :
2 potong dada ayam (kalo aku dipotong kotak, supaya cepat matang)
6 lembar smoked beef panjang/beef bacon, potong sekitar 5 cm
300 ml susu segar
1 sdm merica hitam
1/2 - 1 bawang bombay, iris kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
1 btr telur
1 mangkok kecil nasi matang dingin
2 - 3 sdm butter (aku pake minyak zaitun/olive oil, lebih sehat)
garam secukupnya
keju parut

Caranya :
  • Olesi wadah casserole dengan butter/olive oil, susun nasi hingga menutupi seluruh dasar wadah (gak perlu tebel, ntar jadi nasi panggang). Sisihkan.
  • Panaskan sedikit olive oil di wajan, panas kan potongan ayam, cukup sampai sedikit kecoklatan. Sisihkan.
  • Dengan wajan yang sama, tambah sedikit olive oil, masukan bawang bombay, bawang putih, tumis hingga layu, masukan merica hitam, tambahkan susu dan telur, aduk sebentar, beri garam secukupnya. Biarkan mendidih. Matikan api.
  • Susun ayam dan smoked beef berselang-seling diatas nasi. Tuang saus krim, rata ke semua bagian. Taburi dengan keju parut.
  • Panggang di oven 30-40 menit. Sajikan.
PS : Supaya telur tidak berbutir, sebelum dimasak, ambil sedikit susu dingin dan kocok bersama telur, baru dimasukkan kedalam susu hangat. Ooops.... casserole ini gak bisa di potong, jadi makannya harus diambil dengan sendok besar dan dimasukkan ke piring. Messy...but yummy.

Enjoy!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers