Search This Blog

Sunday, November 16, 2008

Risoles Ragout Ayam

Duuuh...capeeeeeeekkk buangeeettt deh, tapi seneng, baru pulang dari Anyer. Tempat kita liburan kali ini enak sekaleee, nyaman dan homey....akhirnya, aku nyemplung ke laut juga...hehehe... kemarin, sebelum berangkat, bikin risol buat bekal di jalan. Sekalian pengen nyoba bikin kulit risol yang tipis lagi, pake wajan crepe yang dulu dibeli, bermanfaat sekali. Kebetulan di rumah juga masih ada tepung roti kasar, jadi nya pas!

Biasanya aku bikin risol mayones. Tapi, takut si mas bosen, dan kayaknya dia gak nge-fans sama mayones. Pilihannya, american risoles atau ragout ayam. Sempet mau bikin pake sayuran, tapi males motongnya...*pemalas*. Akhirnya aku pilih ragout ayam deh, soalnya kalo amris, ribetlah kalo mesti ke supermarket buat beli smoke beef doang.

Pagi-pagi udah nitip yu Yati beli dada ayam di pasar, eeeehh....malah ke tiduran lagi. Jadinya bikin jam 11an, karena terburu-buru, ragout-nya pun versi ekspress, langsung pake kaldu instant aja, gak sempet mikirin bumbu. Tapi kalo waktunya lebih panjang, biasanya buat ragoutnya aku pake irisan daun bawang, merica bubuk, bawang bombay di potong kecil (yang di tumis dulu dengan ayamnya), jadi deh. Lebih lama, tapi lebih sehat dibanding serba instant.
















Heran, sebelumnya, bikin pie buah, aku cuma dapet 17 pcs, sedangkan rekan-rekan di milis, bisa jadi 20 pcs. Kali ini, aku bikin risol pun juga dapetnya cuma 17 pcs...hiks...hiks... yah, mudah-mudahan angka 17 nya bawa berkah...amin! *apaaaa cobaaaa*

Kali ini hepi banget sama kulitnya. Pake resep kulit American Risolesnya bu Fat di website NCC. Lega, ketemu resep yang pas. Kulitnya mulus, tipis, lentur dan rasanya enak. Bentuk risolku jadinya profesional banget, kayak di toko...*narsis*...hehehehe... kayaknya dengan resep yang sama, kulitnya bisa di bikin macem-macem deh, gak cuma risol. Bisa buat sosis solo gitu. Bahkan, karena rasanya yang sedikit egg-y, kayaknya pas juga tuh di jadiin kulit semar mendem (my next project tuuuhh...)


Setelah di beri isi, di lipat, di celupkan ke telur kocok dan di gulingkan ke tepung roti, diamkan dulu minimal 1 jam di kulkas sebelum di goreng.



Risoles Ragout Ayam

Kulit Risol (by Fatmah Bahalwan, NCC)

Bahan :
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
3 btr telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat :

1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
5. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
6. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Ragout Ayam a la Lia :

250 gr daging ayam, potong kecil-kecil/cincang
300 ml susu cair
1 sdm minyak goreng
6 sdm terigu
100 ml air
1 bks kaldu ayam bubuk
garam secukupnya

Caranya :
1. Larutkan terigu dengan air hingga licin dan tidak berbutir. Sisihkan.
2. Tumis ayam dengan minyak hingga matang, tambahkan susu, kaldu dan garam, biarkan mendidih.
3. Masukkan larutan terigu, kecilkan api, aduk terus hingga mengental dan tidak berair.
4. Dinginkan, siap di gunakan.



Makan risol ragout ayam ini, aku jadi ingat kak Ira. Kakak baik dan cantik yang pinter masak sewaktu aku masih kuliah di Atlanta dulu. Apartemen ku satu komplek sama Kak Ira, cuma beda building aja circa 1996-an. Kak Ira ini yang sering ngajakin aku bikin kue yang enak-enak, termasuk ngajarin aku bikin ragout. Tentu aja, waktu itu aku ikut kak Ira ke dapur di apartemennya cuma buat makan kuenya doang, gak ada niat buat belajar, tapi aku ingat cara pembuatannya thok. Dari kak Ira lah aku kenal risol, brownies, cheesecake, pudding roti, siomay, macaroni schotel... bahkan kita pernah ketimpa order bikin 300 pcs lumpia buat acara bersama atlet Indonesia waktu olimpiade di Atlanta. Aku sampe tidur di sofanya kak Ira yang empuk. Kemana ya kak Ira sekarang? lost touch nih...kangen!

1 comment:

Anonymous said...

dear camelia,
your format blog nice
your contain blog bikin orang lapar...
so your blog is gooooooooooooooooooooooooooooooood....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers