Search This Blog

Thursday, January 22, 2009

Choco Coconut Muffin


Susah banget ya nyebut namanya! Tapi rasanya dong...seru!

Nemu resep muffin di blognya mba' Eliza di sini kebetulan, semua bahannya ada, ya udah, langsung bikin aja. Fresh creamnya, di ganti yoghurt (nemu di kulkas dan akan expire seminggu lagi... Hihihihi) asiiiikkk... Gak perlu ke supermarket segala. Kebetulan dirumah ada kelapa kering yang masih belum dipake dan coco chips, maka jadilah choco coconut muffin.... (yeah, gak kreatif amat namanya).

Semua bahan tinggal cemplung, males ngeluarin mixer, jadi bikinnya pake whisk sama spatula aja. Campurannya....masukin adzaaa... Hasilnya?? Muffin imut, kecil-kecil tapi membumbung... Must keep recipe deh kayaknya... Bisa di variasi-kan macem-macem, dan resepnya gampang di ingat!! Perfect!!

Satu pelajaran nih, karena papercupku kekecilan (aku bingung deh nyari papercup yang pas sama loyang, kalo gak kegede-an, ya kekecilan)... muffin enaknya kalo ukurannya mantap! kalo kecil rasanya kurang puas deh.... trus jangan-jangan, itu sebabnya muffinku gak "merekah"... next time harus diperhatiin deh....

Yang pasti, ini bakal jadi resep dasar bikin muffin-ku... the choices are endless...




BASIC MUFFIN RECIPE


Bahan :

3 1/2 cup tepung terigu protein sedang
4 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1 1/2 cup gula
150 gr mentega
1 cup susu cair
1 cup creme fraise/sour cream/yoghurt (suhu ruang)
2 btr telur
1 btr kuning telur


Untuk Choco Coconut Muffin, aku tambah :
1 cup kelapa kering
1/2 cup chocolate chips
1 sdt vanilla extract


Caranya :

Pada dasarnya, membuat muffin adalah mencampur bahan basah dengan kering. Siapkan 2 buah baskom (besar dan sedang) untuk menyiapkan kedua adonannya.

Siapkan loyang muffin, yang bagian atasnya telah dioles mentega (agar apabila muffin membumbung, tidak lengket di loyang), pasang papercup.

1. Dalam baskom besar, ayak tepung, baking powder, baking soda, garam, almond extract dan garam. (masukkan kelapa kering dan coco chips) campur rata.

2. Dalam baskom sedang, dengan kocokan tangan (whisk) campur gula, mentega, susu, cream fraise/yogurt/sour cream. telur dan kuning telur hingga rata.

3. Tuang adonan basah kedalam baskom yang berisi bahan kering, aduk berlahan dengan spatula, hingga semua bahan kering tercampur rata.

4. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diberi papercup, panggang.


Untuk variasi rasa, gunakan list dibawah ini untuk gambaran jumlah yang digunakan :

Kacang-kacangan panggang---> hingga 3/4 cup
Buah dan chocolate chips---> hingga 1/2 cup


Nyam Nyam!



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers