Search This Blog

Monday, February 16, 2009

Donat Kelinci



Jadi host donat week itu menyenangkan, apalagi kalo ada yang kirim cerita lucu waktu bikin donat. Tapi yang susah itu lihat foto donat yang enak-enak tiap malam. Betul-betul menggoda, yang namanya diet jadi sangat menyiksa deh. Akhirnya pertahananku runtuh juga, dihari terakhir donat week ini, harus ikutan juga deh bikin donat. Non-carbo diet...bubbye dulu deh, kayaknya karbohidrat kali ini udah gak tertahankan lagi...hiks...

Hum...setelah mikir mau bikin donat apa yang beda, aku jadi ingat waktu nonton Oprah, istrinya Jerry Sainfeld (lupa namanya) mencampur sayuran dalam kue buatannya supaya bisa dimakan anak-anak yang gak doyan sayur. Akupun gitu, dari kecil males banget makan sayur (mungin itu yang bikin susah kurus yaaa..hihihi), kayaknya perlu dipertimbangkan nih pake sayuran. Pagi-pagi sudah nitip yu' Yati buat dibeliin wortel dan bayam. Resepnya, ya jelas resep donat kentang NCC lah.... karena udah pernah sukses bikin donat ini, aku serasa master deh bikin donat kentang...hihihi



Waktu mau bikin, dengan gaya sok se-jago bu Fat, akupun mulai mengutak-atik resep. Semula rencanaya mau bikin 1/2 resep aja. Tapi, ditengah-tengah baru nyadar kalo bayam mengandung air *kelewat pede sih!* yo wis laaahh... masukin aja tepungnya jadi 1 resep. Wortelnya sengaja gak aku blender sekalian, cuma dilumatin aja pake penghancur kentang manual, maksudku biar nanti adonannya bisa ada bintik-bintik orange gitu... *sok nyeni*

Kali ini, aku gak mau donatku gak berlobang *ngotot*...coba pake cetakan bunga yang dikirim sama mba' Vivi Liong, pengeeeen banget bisa bikin donat serapi buatannya. Tapi gak berhasil, wortelnya nyangkut disudut-sudut kelopak bunga. Desperate... kekamar dulu meluruskan pinggang. Pas lewat depan kaca, lhat botol hair-spay mungilku. Humm...tutupnya aku lepas, kayaknya pas buat dipake ngelubangi donat. Dengan semangat '45, tutupnya langsung aku cuci bersih-bersih dengan sabun dan dikeringkan.





Buka lagi website NCC yang ada foto ngelubangin donat....Yipeeeee!! donatku berlobang juga!! Pak Di yang mau kedapur kaget berat dengar aku teriak sambil loncat-loncat...hihihihi *kacian deh!* saat mau digoreng, sempat bingung juga, matangnya gimana ya...soale adonanya ijo... ya udah deh, dikira-kira ajalah...asal udah kecoklatan, artinya udah...beres!

Walaupun donatku masih gak se-rapi temen-temen dimilis *miring sana-sini*, yang penting ada lobang dulu....itu suatu kemajuan...kata bu Fat kan, semua harus di coba, jangan cuma dibayangkan aja....kali ini aku bertahan mencoba membuat lobang., terlalu sering dibayangin doang..hihihihi. Rasanya??? Uenaaak dan empuuuukkkk!!!! bayam dan wortelnya hampir gak berasa sama sekali, dan ketika dipotong warnanya nyampur seperti yang aku mau!



Dimakan begitu aja udah enak banget. Berhubung lagi mengurangi gula (cieee, kurang gula, nambah keju!), donatnya mau dibikin asin aja, kebetulan aku punya keju Kraft Quick Melt (kalo ke supermarket kelamaan, suka beli barang yg gak ngerti buat apa), ya udah, di tim aja sama susu cair. Trus aku beri serutan fresh black pepper, rasanya jadi rich and tasty banget!

Donat ini aku kasih nama Donat Kelinci. Selain warnanya putih, jadi ingat waktu kecil dulu, di rumahku ada kelinci yang doyan wortel dan bayam. Almarhumah Ibu ku selalu bilang "Ayo dihabisin sayurnya, nanti dimakan sama kelinci..."...hihihi

Ini resepnya :




Donat Kelinci

Modifikasi dari resep Donat Kentang NCC by Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
100gr wortel, kukus, haluskan, dinginkan.
100gr daun bayam, masukkan kedalam air medidih sebentar (asal layu), saring, dinginkan. Lalu blender bersama air.
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
3 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat :

  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan wortel halus, tuang telur dan bayam yang telah diblender dengan air, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  • Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  • Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  • Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  • Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Topping :

70ml susu cair
180gr keju easy melt (keju biasa bisa kali yee..)

Dalam wadah, tim susu dan keju diatas panci yang berisi air mendidh diatas kompor. Aduk hingga keju larut. Siap dijadikan topping.


3 comments:

Anonymous said...

Mbak Camelia, thanks for sharing resepnya....patut dicoba neh.

Camelia said...

Makasih mba' Ira, thanks udah mampir ya...

Ina said...

Mbak Camelia, saya baru mampir sekali ini..tapi betah baca resep dan kisah di balik resep.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers