Search This Blog

Tuesday, August 11, 2009

Om Ali

Puasa ke dapur, ternyata bikin aku gak tahan juga. Duuuuh...dilemma niih... tapi kali ini ada alasan. Ada anak sepupuku, si Farid yang datang sama istri dan anaknya yang imut banget. Hum... ada yang bisa ngabisin niiih. Aku cicip secukupnya aja deeh. Gula man, gulaaaa....

Ceritanya nih, beberapa waktu lalu (udah lama bangeeet pokoknya!) di milis ada yang nanyain soal "Om Ali"... eiits ini bukan Om yang namanya Ali ataupun Om-nya si Ali lho. Katanya ini dessert timur tengah yang dicobain sama yang nanya (lupa namanya...) waktu umroh. Naaah...daku waktu umroh bareng Papa, bang Iqbal dan sepupuku Tona, gak sempet nyobain dessert setempat *hiiiksss*, soale waktu itu kondisiku gak oke. Bayangin, hari pertama umroh, aku mendadak nafsu ngeliat tukang es krim. Aku bela-belain antri beli. Padahal lagi panas terik banget. Alhasil, selama umroh berlangsung aku batuk-batuk terus dan sehabis ibadah, sorenya aku milih tidur aja (obat batuk bikin ngantuk) jadi gak sempet mikir nyobain makanan macam-macam..hiks..hiks..hiiikkss... nyeseeelll ber-eskrim-ria!!!

Anyway, abis baca cerita "om ali" di milis, aku langsung google nyari resep. Ternyata...whuiiiihhh... buanyak banget versinya dan sepertinya emang populer ya di timur-tengah sono. Trus cerita sejarah Om Ali juga dramatis banget. Katanya Om Ali itu (bacanya ummu Ali) istri muda raja. Trus dia membunuh istri tua-nya dan membagikan dessert ini untuk perayaan kematian si istri tua...hahahahaha...sadis ya! benar atau tidaknya, tapi yang penting, sepertinya dessertnya disukai semua kalangan. Buktinya di beberapa website Eropa dan Amerika, juga memuat resep Om Ali ini. Tentunya dengan versi yang beda-beda pula.

Dari sekian banyak, aku milih yang disini. Trus aku catet, dan mulai nyicil bahan-bahan yang dibutuhkan. Trus seperti biasa, dilupakan begitu saja...whoa ha ha ha ha... baru hari ini aku memaksakan diri buat bikin. Kebetulan punya puff pastry yang semula mau aku pake bikin cheese stick (batal deeeh..). Kacang yang aku pake cuma walnuts, almond dan pistachio. yang aku cincang kasar pake chopper. Kelapa parut kering juga udah punya (kalo ini mau buat nyoba nemuin resep kue kering kelapa ala Ibuku, ribet kalo tiap kali nyoba beli kelapa).

Jumlah kismis emang aku kurangi, secara daku gak begitu doyan. Aku pake kismis biasa aja, tapi mungkin mestinya pake golden raisins (kismis yang kuning keemasan) supaya bener-bener "timur-tengah". Dibeberapa resep, ada yang pake puff pastry seperti yang aku bikin ini, tapi ada juga yang pake croissant disobek-sobek. Mungkin pada dasarnya pake pastry aja kali yeee... buat krim kentalnya juga ada beberapa cara, ada yang dipanaskan dengan susu atau disiram langsung keatas campuran pastry dan kacang-kacangan. Ada juga yang whipped creamnya dikocok kaku dulu, baru dioles diatasnya. Aku pilih yang dikocok dulu. Nyusun diloyang juga suka-suka, ada yang dicampur sobekan pastry dan kacangnya baru dimasukkan ke loyang, ada juga yang selapis-selapis, kacang dulu, trus sobekan pastry, trus kacang lagi...gitu terus sampe abis. Kalo aku campur sekalian aja, ribet nge-layer segala..hehehehe...

Rasanya kayak pudding roti ala timur tengah, maniiiissss dan legiiit. Aku jadi ingat Baklava, bedanya, yang ini pastry-nya lembut dan rada basah. Serta ada kelapa yang memperkaya teksture dimulut. Waktu dimakan, whuiih.. rasanya rame, tapi tetap rasa kacangnya mendominasi, samar-samar terasa milky dan creamy. Cuma kalo bikin lagi next time, manisnya dikurangi deh. Mungkin whipped cream maupun campuran kacangnya gak perlu diberi gula segala. Cukup di susu-nya aja. Trus supaya lebih lembab, mungkin jumlah kacang dan pastrynya bisa dikurangi, bisa lebih creamy.

Tapi itu next time. Sekarang, begini juga enak koq, bagi yang suka manis tentunya....

Resepnya ini, kalo mau yang asli, langsung aja ke websitenya yaaa...


Om Ali

Modified by Camelia

1/2 pak puff pastry beku, biarkan dalam suhu ruang

1 cup walnut cicang
1 cup pistachio cincang
1 cup almond cincang
1 cup kelapa kering
1/4 cup kismis
1 1/4 cup gula (dibagi 1/2, 1/2 dan 1/4)
4 cup susu putih (lk. 1 liter)
1 cup krim kental

Caranya :

  1. Letakkan puff pastry dalam loyang, paanggang di oven hingga keemasan. Angkat dari oven. Lakukan hingga semua puff pastry habis, sisihkan.
  2. Dalam wadah, campur kacang-kacangan yang telah di cincang dengan kelapa kering dan 1/4 cup gula. Sisihkan.
  3. Ambil puff pastry yang telah dipanggang, sobek-sobek hingga menjadi potongan kecil. Campur sobekan pastry dengan campuran kacang. Aduk-aduk agar rata. Masukan kedalam loyang. Sisihkan.
  4. Panaskan susu dengan 1/4 gula hingga mendidih dan gula larut. Angkat dari api dan biarkan hangat.
  5. Kocok krim kental dengan 1/2 cup gula hingga mengembang dan kaku. Sisihkan.
  6. Tuang larutan susu kedalam loyang berisi campuran kacang dan pastry. Tutupi bagian atasnya dengan olesan whipped cream.
  7. Panggang dioven dengan api atas hingga kekuningan. Angkat.

Sajikan hangat atau dingin sama asyiknyaaa...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers