Search This Blog

Monday, September 28, 2009

Chocolate Cheesecake

Dulu, aku gak begitu suka deh sama cheesecake. Menurutku rasanya aneh, asem tapi creamy. Kebetulan host family ku juga gak begitu demen sama cheesecake. Mereka lebih suka pie, aku pun ikut-ikutan doyan pie (gampang terpengaruh niiih...) apalagi kalo ada banana cream pie...wuiiihhhh.... wajib pesen!! doyan banget! Mom-ku sampe heran kenapa aku suka banget sama makanan yang ber-pisang... maklum, dari negara tropis...hehehe...setelah kuliah di Atlanta dan tinggal sendiri, aku suka iseng bikin cheesecake. Gara-gara mesti ke supermarket sendiri dan ngeliatin barang-barang "aneh" di raknya... Resepnya cukup nyontek di belakang kotaknya Philadelphia cream cheese aja (waktu itu belum ngerti internet dan males banget beli buku resep..hehehe...) trus crustnya beli yang udah jadi, rasanya enak-enak aja tuh. Lha aku suka cheesecake justru setelah pulang ke Indonesia. Sama temen-temen yang suka hunting dessert, cheese cake selalu jadi sasaran utama. Sayangnya, crust cheesecake yang aku coba lebih sering datar banget, mungkin karena dianggap gak penting kali ya. Kalo aku justru yang kebayang crust cheesecake yang ada rasa kayu manisnya... lebih nendang!

Karena di Indonesia susah kalo nyari Philadelphia (di milis sempat dibahas, katanya kalo adapun harganya nauzubillah..) aku pake yang merk Anchor. Menurutku rasanya gak kalah koq sama Philadelphia. Lumayan mirip. This is the closest one you can get!. Harganya lebih reasonable, kalo gak salah 1 kg-nya sekitar Rp. 90.000-an. Kalo beli Philadelphia, cuma dapat 1/4-nya aja (katanya lhoo...). Beda banget kan?? Ini cheesecake yang perjuangannya panjang. Bayangin aja. Creamcheese-nya aku beli sebelum puasa, trus aku masukkan ke kulkas rumah Jakarta. Ceritanya pas aku pulang ke Jambi mau tak bawa, mau tak masukin bagasi gitu...eeeh...daku malah kebanyakan barang, males banget kalo mesti bawa cream cheese sekilo ke atas pesawat...berat euy! nyampe bandara aku baru nyesel-nyesel, tau gitu bawa sekalian deh, toh udah kena charge overweight ini (aku bawa foto dan lukisan yang udah dibingkai juga), apa sih bedanya ditambah barang sekilo lagi...whoooaaaa...selalu deh telat mikir!!! Semua orang yang bakalan ke Jambi, aku titipin buat bawain cream cheese-ku itu. Mulai dari bibi Shinta (yang emang mau bela-belain mampir ke rumah Jakarta, demi cheesecake...hihihi) sampe si Tona yang memang baru pulang ke Jambi beberapa hari sebelum lebaran.

Untung deh sekitar seminggu sebelum lebaran bang Iqbal ke Jakarta buat jenguk Hilmy dan Nadia. Sekalian nitip dibawain. Selain cream cheese, juga ada parmesan 1 kg yang dibawa juga. Parmesannya sampe sekarang masih nganggur di kulkas, belom sempat diapa-apain. Biasaaaa...bawaan belanja kalo lagi di toko bahan kue. Ikut-ikutan latah sama ibu-ibu yang abis-abisan nyetok bahan sebelum lebaran...hahahaha... Anyway, tu creamcheese hangin' out dulu dikulkas. Beberapa hari sebelum cream cheese ini datang, aku abis-abisan ngerayu Bokap buat beliin kulkas. Hebat ya si cream cheese? Di dapur sih ada, tapi suka diisi si Umi sama Ikan, daging dan kawan-kawannya. Males banget kan?? lagian karena udah pesan minibar buat pantry baru, sekalian aja...(gara-gara pantry, malah banyak nularnya niiih...hihihi). Aku yang semula butuh kulkas yang kecil aja, eeeh...Papa malah ngotot mau beli yang gede skalian. Kalo gak diingetin listrik bakalan turun, bisa-bisa kulkasnya lebih gede dari pantry-nya...huuu...

So...ceritanya cheesecake ini mau dibikin buat reuni SD kemarin, tapi gak keuber. Padahal udah promo segala ke paman Adi dan bibi Shinta yang doyan cheesecake buat mampir...hehehe... terpaksa ditunda deh. Soale cheesecakenya baru aku bikin semalam dan supaya lebih set, harus didiamin dikulkas semalaman. Ini kali kedua aku bikin cheesecake dengan resep yang sama. Resepnya Diana's dessert, aslinya sih Dulce de leche cheesecake. Tapi kali ini dulce de lechenya gak aku pake. Waktu itu aku sempat bikin, aku sih enak aja. Tapi kata kak Ika sama sepupuku Tona, kemanisan (ya iyalah, terbuat dari susu kental manis yang dikaramelkan). Tapi aku suka banget sama cheesecakenya. Rasanya mirip dengan cheesecake yang biasa aku makan jaman sekolah dulu. Makanya kali ini aku tetap bikin pake resep yang sama, tapi plain aja dan tadi sore, diatasnya aku siram sama dark cooking chocolate cair, supaya ada balance manis-pahitnya...yummm...


O ya, waktu bikin crustnya kemarin, aku pake biskuit marie aja, yang dihancukan pake blender. Karena aku suka banget sama crust cheesecake yang rada cinnamon-ny, aku tambah kan kayu manis bubuk ke campuran crustnya. Rasanya jadi enak deh (buat yang suka kayu manis tentunya). Si Dea yang belum ganti baju sekolah (dia masih kelas 1 SD, masih suka banget sama seragamnya) ngeliat aku nge-tim coklat, mulai tanya-tanya. Tadinya aku mau corat-coret aja sama coklat cair, tapi karena sisanya banyak, ya aku siram aja skalian. Sayang kalo kebuang. Mungkin karena ngeliat coklat melimpah begitu, Dea-nya udah gak sabar minta dipotongin cheesecake. Untunglah coklatnya cepat mengeras. Aku bujukin Dea buat sabar sebentar, mau nyari air panas buat ngangetin pisau, eeeh...teettteeeeeppp... ya udah, aku potong aja, jadinya coklatnya malah retak disana sini...gak pa pa deh, yang penting keponakanku happy...hehehe...

Pas mau difoto dulu, yaaahh... Dea udah main comot aja pake tangan. Pas comotan ke dua, aku minta tangannya tahan dulu buat di foto...soale bibi-nya males kalo mesti motong lagi...hehehehe... baru deh aku ambilkan garpu mungil. Senang deh ngeliat Dea semangat ngabisin sambil belajar makan cake dengan cantik...*cieeee*. Keponakan ku ini kidal. Kata gurunya biarkan saja, gak pa pa dia pake tangan kiri untuk semua hal. Tapi kita rada gak setuju, kalo nulis, bolehlah. Kalo makan jangan, bagaimanapun juga dan apapun teorinya, di Indonesia, tetap dianggap kurang sopan kalo pake tangan kiri. Kasihan kan kalau dia mesti bergaul dengan orang lain nantinya? alhasil, sekarang seisi rumah ditugaskan buat ngingatin Dea setiap kali makan dan memberi maupun menerima dari orang lain. Jadi proyek bersama niih...hihihihi...


Nah...sekarang resepnya....

CHOCOLATE CHEESECAKE
modified from Diana's Dessert Dulce de Leche Cheesecake


Crust:
1 cup graham cracker crumbs or crushed vanilla wafers
3 tbsp. butter, melted
1/2 tsp ground cinnamon

Filling:
3 (8 oz.) packages cream cheese (24 oz. total)
1 cup superfine granulated sugar
2 tbsp. all-purpose flour
2 tsp. vanilla extract
3 eggs
1/3 cup whole milk

Topping:
125 gr dark cooking chocolate, melted


Instructions:

1. Preheat oven to 400°F (200°C).

2. Mix crust ingredients together, and press into the bottom of a lightly buttered 9-inch springform pan. Place pan on a baking sheet and bake for 10 minutes. Remove from oven and cool to room temperature.

3. Reset oven temperature to 325°F (160°C).

4. With an electric mixer beat cream cheese, sugar and flour together until well mixed and smooth. Add vanilla and beat until smooth. Add eggs one at a time, beating well after each addition. Beat until smooth. Add milk and mix until well blended.

5. Pour cream cheese batter over crust.

6. Bake in preheated 325°F (160°C) oven for 45-55 minutes or until center is almost set. Remove from oven and gently run metal spatula around rim of pan to loosen cheesecake (this helps prevent cracking). Let cool 20-25 minutes before covering and placing in the refrigerator. Refrigerate 4 to 6 hours or overnight before serving. Pour melted chocolate over cheesecake. Serve.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers