Search This Blog

Tuesday, June 21, 2011

Boiled Fruit Cake

Ok...I know...I know... aku memang bilang kalo aku gak akan baking bikin kue tanpa alasan selama aku diet. Apalagi aku memang harus diet super ketat dalam mengkonsumsi gula. Tapi akhirnya aku luluh juga melihat fruit cake di blog-nya Putu Rea. Hum...mungkin karena perutku terasa "kosong", aku jadi buka-buka blog makanan melulu...hehehe... Sebenarnya, udah lumayan lama mau nyobain bikin fruit cake yang sempat bikin rame milis. Seperti biasa, gak langsung terwujud. Karena campuran buahnya lumayan banyak, jadi tertunda melulu. Padahal waktu ke Jakarta bulan lalu, aku udah beli mixed fruits-nya. Tetap aja gak di bikin-bikin, sampe akhirnya mesti diet segala. Tapi beberapa hari lalu, pengennya udah gak tertahankan lagi. Pas jalan ke supermarket, aku beli sebungkus nenas kering dan kismis. Padahal aku udah tau gak akan bikin dalam waktu dekat. Akhirnya, aku putusin untuk bikin aja. Toh, fruitcake ini bisa di bekukan di freezer berbulan-bulan. Aku cukup makan seiiris, dan sisanya, mangkal aja di kulkas. Itu lebih baik daripada penasaran terus. *alasan*

Kemarin aku minta ditemani si Mas nyari golden raisins (sultana) buat campuran buahnya. Sayangnya, udah di cek beberapa toko tetap gak ada, yaah, akhirnya aku let it go, pake campuran buah yang ada aja. Pertama, aku mulai motong-motong buahnya dulu. Actually, yang aku potong cuma nenas keringnya aja, yang lain sudah terpotong kotak. Kecuali kismis yang aku biarkan utuh (males aja...). Trus semuanya aku masukkan kedalam panci besar. Brandy yang di dalam resep, aku ganti dengan orange jus yang kebetulan udah ada di kulkas. Untuk butternya, aku pake unsalted. Proses ngerebusnya juga gak lama. Apalagi sambil di temani si Mas yang sedang browsing di ruang makan. Gak terasa aja, udah saatnya diangkat dan di dinginkan.

Di resepnya, setelah di rebus, di dinginkan semalaman. Selain aku gak sabar, aku rasa itu juga tujuannya supaya aroma brandy bisa lebih terasa. So, buat aku yang pake orange juice doank, aku rasa gak perlu *sok tau dah gue..hihihihi...*. Jadi setelah di diamkan sekitar 2 jam-an, langsung aku tambahkan bahan lainnya. Rencana mau ngedekor bagian atas kue dengan cherry jadi batal soale aku lupa beli cherrynya...*ehem*. Setelah itu, mulai deh di panggang. Karena bakingnya lumayan lama, fruit cake ini rentan banget jadi kering, terutama bagian bawahnya, jadi waktu pemanggangan, aku pastikan kalo suhunya gak terlalu tinggi, dan aku pake api atas-bawah. Sambil menunggu cake, aku semalam di ajak si Mas muter-muter aja pake mobil sama si Dayat. Kebetulan kemarin si Dayat ultah *happy birthday yat!*. Karena ovenku hanya memanggang selama 1 jam, dan harus di putar lagi untuk berikutnya, terpaksa si Topo (yang jaga rumah) di telpon buat muterin...hehehehe...

Setelah sampai rumah, aku senaaaaaanggg banget liat cakenya. Gak langsung aku potong, karena aku mikir hanya dapat jatah 1 iris, sebaiknya di makan pagi besok aja (tadi pagi) biar lebih berasa nikmatnya...(gue ogah rugi banget ya! hahaha). Tadi pagi, cakenya aku keluarkan dari loyang. Sebelum berangkat takziah, aku potong buat sarapan. Sekali di gigit...OMG, I love it!!! cakenya soooo moist!! dan terasa banget buah-buahannya. Maklum, standarku, fruitcake harus extra lembab. Aku paling gak doyan fruit cake yang kering dan beremah. Resep mba' Rea ini bener-bener mantap. Gak kalah sama fruit cake dari bakery terkenal dalam maupun luar negeri. Moist and tasty. Si Mas aku kasih sepotong, juga bilang enak dan rasanya pas banget. Udah pasti ini bakalan jadi resep fruit cake andalanku niiih...

Ternyata, niat satu iris udah gagal total. Pulang takziah Datuk Hay tadi *hiks!*, aku udah gak nafsu makan. Tapi karena mesti makan dan gak boleh lapar, aku makan beberapa potong fruit cake lagi. Ini resepnya aku copy dari blognya mba' Rea, aku terjemahkan ala kadarnya. Kalo mau resep asli, main aja ke sana ya. O ya, ternyata, butter juga lumayan mendominasi rasa di fruit cake ini, jadi, menggunakan butter berkualitas baik is a must. Karena aku mengganti beberapa buah keringnya, campuran yang aku pakai, aku warnai kuning ya...

Ini resepnya ya...



BOILED FRUIT CAKE

dari buku Cake dan Kue Iris, Femina Groups


Bahan :
375g sultana, potong-potong
250g kismis, potong-potong
250g currant
75g mixed peel
75g glazed cherry, belah
75g nenas kering, potong-potong
50g apricot kering, potong-potong

Aku pake campuran ini :
550 gr mixed fruits
200 gr nenas kering, potong-potong

250 gr kismis
150 gr orange peel


250g butter
200g dark brown sugar
125ml brandy (aku ganti orange juice) 100ml air
6 btr telur, kocok lepas
1 sdm madu
2 sdt kulit jeruk orange
1 sdt kulit jeruk lemon
250g tepung terigu protein rendah*
50g self-raising flour
½ sdt baking soda

Caranya :
Dalam panci besar, masukkan buah-buah kering, butter, gula, brandy (juice) dan air. Masak tanpa mendidih hingga gula larut. Aduk sesekali. Tutup panci, panaskan hingga mendidig dengan suhu rendah (api hanya sedikit diatas level minimum), lebih kurang 10 menit. Angkat dari kompor, sisihkan dan dinginkan.

Olesi loyang ukuran 20 x 20 (atau loyang bulat diameter 24 cm) dengan mentega, lapisi dengan kertas roti termasuk bagian sisi loyang. Biarkan sekitar 5 cm kertas roti keluar dari tinggi loyang.

Masukkan telur, madu, kulit jeruk orange dan lemon kedalam campuran buah yang telah di rebus, aduk rata. Tambahkan bahan-bahan kering yang telah di ayak. Tuangkan kedalam loyang yang telah di siapkan. Bila suka, bisa di beri hiasan di bagian atasnya dengan cherry dan kacang-kacangan.

Masukkan ke oven dengan suhu 150 C selama 1 1/2 jam. Setelah matang, tutup cake dengan aluminum foil. Dinginkan.

11 comments:

lilas said...

lia, d'cake looks so yuuumy, pasti rasanya juga ya, bentuknya juga asli kaya christmas stolen, jadi mau bikin juga nie.. tapi beli di mana ya buah2an keringnya, pls info dong.. thank u..

Camelia said...

Mbak Lilas di mana? kalo di Jakarta, bisa beli mixed fruitsnya di titan atau di toko ani. Kalo buah kering, biasanya di supermarket besar banyak koq, coba di lihat aja di bagian snack. Ada macam-macam ;-)

lilas said...

ok deh lia, thank you.. lokasiku di jakarta barat, nanti ta' browse deh alamat titan & ani, o ya lia kapan ngadain kuis bagi2 jambi specialties lagi, heheh...

Gorakazenzero said...

Dear mbak lia...

Suka buanget ma blognya mbak... resep-resepnya mbak jadi andalan saya...
btw, mau tanya donk... kalo di supermarket mixed fruitnya merek apa yak??? secara aku baru mulai belajar masak n baking jadi masih kurang ngerti ma bahan-bahan.. :)

Camelia said...

Aku beli mixed fruits nya udah kemasan re-pack di toko bahan kue mba, jadi kurang jelas juga apa merknya, tapi dilabelnya ada tulisan Aptunion Mixed, bisa jadi itu merknya juga...hehehe... Kalo di supermarket gak ada, beli aja buah kering yang dijual mba, bisa campur-campur prunes, nenas, kismis, cherries dll..hasilnya gak kalah enak pastinya. ;-)

Novi Haryono said...

Dear mbak Lia...

Mau tanya donk... Brandy yang dimaksud disini apakah semacam minuman beralkohol itu???

Camelia said...

Mba novi, bener Brandy yang di maksud adalah brandy minuman beralkohol. Karena aku gak minum alcohol, jadi aku gak pake :-)

Novi Haryono said...

Mbak Lia... kalau seandainya brandy diganti dengan rootbeer bisa gak??? apakah rasanya gak akan pahit??? Kebetulan di kulkas ada stock rootbeer...

Rona said...

Hello... boleh saya cuba buat...
BOILED FRUIT CAKE.. tq.

Anonymous said...

Kalau brandy diganti rhum bisa ga Mbak Lia? Aku sempet terkecoh dengan judul boiled fruit cake. Ternyata yang di boil cuma mixed fruitnya, sedangkan cakenya tetap di bake hehehehe.

Camelia said...

Kayaknya gak masalah kalo diganti rhum, aku aja ganti orange juice....hehehe...iya pada akhirnya dipanggang juga.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers